Kuliner Bandung Sekitar Lengkong

Assalamualaikum gengs..
Kebetulan rumahku ini terletak cukup di pusat kota, banyak banget kuliner yang menarik bahkan begitu keluar rumah aja udah ada beberapa restoran. Tapi kali ini aku bukan mau bahas restoran besar yang pasti kalian udah pada tau gengs, aku sering nemuin harta karun yang mungkin gak semua orang tau hehehe. Nah beberapa di bawah ini adalah rekomendasi kuliner sekitar Lengkong Besar yang menurut aku patut dianggap sebagai BEST FOOD IN TOWN karena emang the one and only ada di Bandung.


Oh iya postingan ini collab post barengan sama Bandung Hijab Blogger juga lho. Cek instagramnya yuk..klik link ini aja gengs biar kalian juga bisa liat rekomendasi temen - temen dari komunitas Bandung Hijab Blogger tentang makanan apa aja yang ter dabest di Bandung.

BASRENG SMA 7


Pecinta micin dan pedas jangan sampai melewatkan jajanan yang satu ini deh! Basreng SMA 7 ini kayanya udah ada sekitar 10-15 tahun lalu deh gengs, soalnya aku sering jajan ini dari zaman masih SMA dulu. Meskipun aku bukan SMA 7, tapi lokasinya cukup dekat ke rumah. Jadilah banyak bisik - bisik tetangga yang kasih tau kalau di depan SMA 7 Bandung ada basreng alias baso goreng yang enak banget haha..

Penjualnya suami istri gitu gengs, pakai gerobak sederhana aja. Sebenernya mangkalnya di depan SD Lengkong Kecil sih gengs, tapi emang nama beken nya Basreng SMA 7. Dulu aku beli biasanya cukup rp 2000 aja udah dapet seplastik, tapi sekarang minimal rp 5000 gengs. Karena harganya tuh sesuai request "mang 5000eun" gitu hahaha tapi kalau di perhatikan 5000 itu dapat 2 buah basreng bulat yang di potong tipis - tipis. 
Sebelum di aduk dengan bumbu

setelah diaduk dengan bumbu

Bumbunya sederhana gengs, cuma Royco dan bubuk cabe racikan sendiri aja. Kalau yang suka pedas cukup bilang "bu pedas ya" segitu aja pedasnya udah bikin nangis gengs, apalagi kalo kamu bilang "bu pedas banget ya" waahhh dijamin lidah kebakaran 😛😛

Selain basreng ada juga cireng dan basmut nih gengs, semuanya emang enak. Tapi biasanya kalo cireng dan basmut kalau datang terlalu sore udah habis, stock nya gak sebanyak basreng. Kalo jam - jam istirahat makan siang harus siap - siap mengantri ya gengs, soalnya emang basreng ini populer banget di kalangan pekerja kantoran sekitaran jl Asia - Afrika dan lengkong. Kalau malas antri bisa juga beli mentahan nya dan minta bumbunya di pisah,.
5000 pedas sedang dan 5000 asin


BASRENG SMA 7 : Jl. Lengkong Kecil (gerobak kecil mangkal di depan SD Lengkong Kecil)
Buka : 9 pagi - 5 sore
RATE : ⭐⭐⭐⭐⭐

KANGKOENG BANDOENG SUSI STEY

Nama nya memang Kangkung Bandoeng Susi Stey tapi makanan yang di jual bukan cuma kangkung lho gengs, makanan kaki lima ini jualan aneka menu masakan yang mungkin udah biasa kamu temukan di tempat lain seperti ayam goreng/bakar, ikan goreng/bakar, tumis kangkung, jengkol, pepes dll nah yang membuat dia beda adalah bumbu khasnya yaitu saus asam manis yang di lengkapi dengan bawang bombay, jagung pipil dan leunca.




Tempatnya di pelataran Hotel Lengkong ya gengs, tapi menghadap ke jl Dalem Kaum Bandung. Harga yang di tawarkan relatif murah dan dijamin gak menguras kantong. Soal rasa dijamin deh lidah sunda pasti cocok! sambal terasi nya juga cukup pedas lho . 



ini dia kangkungnya gengs


Hampir setiap hari tempatnya penuh lho gengs. Banyak juga yang sering sebut tempat ini denga sebutan Mamih Susi Iyey, Bu Susi selaku owner bilang yang sering makan di sini banyaknya cowok - cowok "belok" buat orang zaman dulu pasti tau deh sebutan "Iyey" bagi kaum transgender. Ets jangan salah artis aja pernah makan di sini kok. Gak percaya? nih buktinya

Lucinta Luna dan Bu Susi
Kangkoeng Bandoeng Susi Stey : jl. Dalem kaum (Hotel Lengkong Bandung)
Buka : 4 Sore - 11 Malam
Harga start from Rp 5.000
Rate : ⭐⭐⭐⭐

SEI SAPI LENGKONG


Belum banyak resto di Bandung yang menyajikan menu daging Sei khas kupang, taukan daging asap yang di iris tipis - tipis lalu di sajikan dengan aneka sambal pilihan serta kuah kaldu yang menggugah selera. Nah ini ada rekomendasi Sei Sapi Lengkong yang mungkin kalian cuma pernah cobain di go food doang hehe.


Tempatnya di Hotel Lengkong juga nih gengs, tapi ini di bagian yang menghadap ke jl Lengkong Besarnya. Tempatnya tidak terlalu besar, ada 5 meja sederhana saja, bagian dekorasi ruangan nya pun memang tidak banyak ornamen.



Daging sei yang ditawarkan bukan hanya daging sapi tapi ada juga sei ayam, sei lidah dan sei wagyu. Unik kan. Pilihan sambal nya ada 5 macam yaitu :

  1. Sambal Luat : Sambal khas Timor dengan campuran kulit jeruk
  2. Sambal Matah : Sambal mentah khas Bali yang semerbak wangi sereh dan segar dari perasan jeruknya. 
  3. Sambal Rica : Sambah khas Manado yang siap membuat lidah bergoyang.
  4. Sambal Ijo : Terbuat dari cabai hijau dan tomat hijau pilihan.
  5. Sambal Lada Hitam : Untuk kamu yang suka rasa pedas dan manis jadi satu.
Sei Lodor

Untuk kamu yang lagi barengan temen - temen aku saranin cobain Sei Sapi Lodor yang berisi potongan daging sei nya banyak dan dapat 2 pilihan sambal yang bisa di makan sampai dengan 4 orang. Bisa jadi lebih hemat kan gengs! Kesukaan ku sih sambel matah dan luat, enak banget karena gak terlalu pedas tapi pas banget aja gitu.

Sei Sapi Lengkong : jl Lengkong Besar no 4. (masuk ke area parkir Hotel Lengkong)
Buka : 10 pagi - 10 malam
Harga start from Rp 25.000
Rate : ⭐⭐⭐⭐


DISKUSI SENJA LENGKONG



Dari tadi makanan terus yang di bahas, sekarang giliran minuman yah biar gak seret hehehe..  
Diskusi Senja Lengkong memang tergolong sebagai pendatang baru di daerah Lengkong, kedai kopi  kecil ini buka sejak bulan September 2019. Sebenarnya ini adalah cabang dari Diskusi Senja Dago.

Es Kopi Original

Kopi yang di suguhkan menggunakan sistem manual brew, biji kopi pilihan dari Aceh, Ethiopia, dan campuran house blend nya tersaji dalam berbagai variasi kopi yang menarik.


Menu kopi ada V60, Japanesse, Capuccino, Cafe Latte dll tapi jangan lupa untuk cobain es kopi nya ya! ada 3 macam es kopi yaitu Original, Diskusi dan Senja. Rasanya beda2 gengs. Original ini campuran susu dan kopi nya seimbang, Diskusi kopi nya diisi double shot dan untuk Senja double shot kopi di campur dengan gula aren. Wuihh...ngiler gak tuh..


Kursinya seng hehe


Tempatnya sederhana banget sih gengs, di tembok ada 4 kursi tinggi dan di bagian seberang nya hanya sekitar 6 pasang meja aja.. maklum masih low budget nih ownernya hehe.. Tapi jangan sedih sekarang udah punya tenda biar kamu gak kepanasan pas siang - siang nongkrong disini. Tempat yag berkonsep jadul ini punya spot foto andalan lho..

@nonkiya 
@odymarle

@arinifirdausi

Narsis dikit ya hehe


Lumayan kan kece ya asal bisa ambil angle yang tepat hehe.. btw gak cuma kopi kok minuman non coffee nya juga ada.. seperti Sexy Orange, Green Milk tea, Red Velvet, Thai Tea dll.. Semuanya bikin seger deh. Untuk minum di tempat Diskusi Senja pakai gelas ya gengs, bahkan kalau untuk teman dekat yang mampir kami pakai stainless straw biar gak terlalu banyak sampah. Untuk take away baru deh pakai gelas plastik gitu.

Sexy Orange

Hot Red Velvet
jangan lupa mampir ke Instagramnya ya di @diskusi_senja_coffee biar kamu selalu tau promo terbaru nya hehe.

Diskusi Senja
Jl. Lengkong Besar no 4 (area parkir Hotel Lengkong)
Weekday : 9 pagi - 10 malam
Weekend : 9 pagi - 12 malam
Range harga : Rp 8.000 - 25.000
Rate : ⭐⭐⭐⭐⭐


Oke gengs segitulah kuliner sekitar Lengkong yang menurutku the best karena rasa nya emang enak enak meskipuuunnn ya hanya sekedar kedai kedai biasa hehehe..
semoga kalian suka dan tertarik untuk coba ya..thank u so much for reading.
LUV!

Comments

  1. Waoww...banyak banget ternyata rekomendasi makanan enak di faerah lengkong ya...kapan-kapan nyoba ah.. basreng di depang sd lengkong seru tuh kayanya hahaha...

    ReplyDelete
  2. banyak banget nihhh jajan na lengkongnya..kalo ke lengkong wajibb wisata kuliner nihhh

    ReplyDelete
  3. manteeep nih referensinya, kalo lewat lengkong kudu bgt mampir dulu ke tempat2 jajanan ini nih kayaknya hehe

    ReplyDelete
  4. Baru tahu disana ada sei, kayanya bisa lah dieksekusi sekalian mudik nanti...

    ReplyDelete
  5. Penasaran sama Sei Sapi. Itu rasanya gimana ya? 😁

    ReplyDelete
  6. Basreng kalo anget anget gt dibumbuin asin pedes enak banget ya huhu dulu di kampus suka ada temen yang jualan basreng

    ReplyDelete
  7. Komplit sekali,, lengkong emng Termasuk sentra kuliner, mulai dri lengkong kecil ampe lengkong besar hehe

    ReplyDelete
  8. Ya Allah eta susi stey masuk ke list. Aku sering kesitu makan kangkung hehe. Yang pengen nyobain sei sapi lengkong. Udah halal belum yah?

    ReplyDelete
  9. Yaampun basreng paling gakuat selalu pgn beli hehe

    ReplyDelete
  10. Oh daerah lengkong ya tempat ngopinya.. Pantesan kaya familiar gitu liat exterior nya >,< Abis dari sei sapi mampir sini boleh juga yaa~ hehehe

    ReplyDelete
  11. Padahal aku sering staycation daerah asia afrika, suka cari makan daerah lengkong. Sekarang ga bingung lagi kalo mo ngupi dilengkong pasti ku ke Diskusi Senja...hug teteh

    ReplyDelete
  12. Sei sapi nichh, udh lama jd inceran, tp belum smpt beli ajaa 😭😭😭

    ReplyDelete

Post a Comment