5 Cara Mudah Diet Plastik

Assalamualaikum Gengs!
Apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar kata sampah? pasti kotor,bau,jorok adalah kata pertama yang terlintas dalam pikiran kalian. Pernah gak kalian merhatiin tumpukan sampah? kayanya sih engga ya.. tapi aku yakin kalian pasti tau kalo sampah terbanyak adalah plastik. Sadar ga sadar penggunaan plastik itu hampir gak bisa kita hindarin setiap hari nya. Entah itu keresek bekas cilor, plastik bungkus paket, plastik bungkus makanan.dll pokoknya seperti hal yang mustahil kalo kita gak pake plastik dalam kehidupan ini.
Tahukah kalian kalau Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar ke 2 di dunia? gak percaya? klik disini. Bahkan kita menyumbang sampai 64 juta ton sampah plastik setiap tahun nya. dan 3,2 juta sampah tersebut di buang ke laut. Kebayang kan kasihan banget hewan - hewan laut yang kena dampaknya. Masih mending sampah yang di darat itu masih bisa manusia manfaatkan dengan cara memilah dan memisahkan mana saja yang masih bisa di manfaatkan melalui proses daur ulang.
Beda lagi dengan sampah yang di laut bisa nya jadi masalah besar bagi hewan- hewan laut. Sering sekali penyu laut salah mengira plastik sebagai ubur -ubur. Apa kalian sudah lupa sama paus sperma yang terdampar di Wakatobi dan ditemukan 5,9kg sampah plastik di perutnya? duh kasian sekali kan.
Dampak sampah plastik yang sulit terurai juga merugikan lingkungan manusia, lingkungan kotor membawa banyak kuman penyakit, belum lagi baunya bisa menusuk hidung.

 

Makannya gengs ku punya ide solusi mengurangi sampah terutama sampah plastik yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari...
yuk dibaca hihi..

  1. Membawa peralatan makan sendiri : buat kalian yang hobi jajan makanan nih coba pikirin deh, misalnya aja beli bubur di bungkus, coba berapa macam plastik yang di pakai? ada plastik bening pembungkus bubur, ada plastik bening kecil pembungkus kerupuk, ada plastik kresek yang membungkus semuanya dan bahkan ada yang sediakan sendok plastik juga :( duh banyak banget lho sampahnya. buat yang suka jajan es kopi praktis juga nih coba pikirin itu gelasnya plastik, sedotannya plastik juga.. yahh sampah lagi deh.. coba kalau bawa kotak makanan atau botol minuman sendiri, enak kan gausah repot buang sampah hehe yang paling buatku senang sih karena coffe shop sudah banyak yang aware sama hal ini, ada nih coffe shop lokal di Bandung yang ngebolehin kita bawa tumblr sendiri.. gak percaya? cek deh Kopi Toko Djawa. Kalau stainless straw pasti udah pada punya dong..nah sekarang sudah banyak sekali yang jual aneka sendok garpu yg bisa di bawa kemana saja, ada yang berbahan plastik, kayu, dan stainless juga.. boleh deh mampir ke IG @homedecorgemes karena disitu juga ada referensi buat kamu cari peralatan makan yang bisa di bawa bawa.. 




  2. Mengganti sikat gigi dengan sikat gigi kayu atau bambu : tahukah kalian kalau dari pertama di ciptakannya sikat gigi sampai sekarang ini belum ada satupun yang terurai? sedih ya.. kita kan sering banget ganti sikat gigi, kebayang ga tuh sikat gigi bekas kita menumpuk di TPA :( mending cobain deh sikat gigi kayu karena rasanya sama aja kok.. bulunya lembut, nyaman di genggam dan tetep gak kalah bersih sama sikat gigi plastik.
  3. Membawa tas belanja sendiri : bahagia banget aku di Bandung sekarang ada program KANGPISMAN (kurangi,pisahkan,manfaatkan sampah plastik) jadi sesuai perda Kota Bandung sekarang kita harus bawa tas belanja sendiri karena semua supermarket sudah tidak menyediakan kantong belanja plastik, meskipun kenyataannya masih saja ada yang menenyediakan kantong plastik karena customer tidak bawa tas belanja.. be smart buyer yuk gengs. Sekarang sudah banyak banget lho yang jual tas belanja yang bisa di lipat sampai kecil, jadi enak buat di bawa kemana - mana.
  4. Mengganti sponge cuci piring dan sponge mandi dengan loofah sponge : sudah pernah dengar loofah sponge? sponge lembut terbuat dari sayuran oyong lho! bisa di pakai berkali - kali dan lembut di kulit juga, karena terbuat dari bahan alami jadi ga takut buat pakai loofah sponge ini buat eksfoliasi kulit. Cari nya dimana? di The Body Shop bahkan Watsons juga ada kok gengs.. 
  5. Mengurangi pola hidup konsumtif : aku tau ini berat banget, liat temen ig story makanan yang lagi hits langsung pengen coba, brand kesukaan ngeluarin produk baru langsung pengen beli.. ya, cukup sulit memang apalagi di kehidupan sosial media semua berlomba - lomba menjadi paling hits dengan mencoba hal yang baru, terutama jajanan baru. Yang gak kita sadari adalah berapa banyak pengunaan packaging alias kemasan jajanan kita itu.. selucu - lucunya packaging pasti lama - lama bakal jadi sampah huhu meskipun kemasannya dari kertas juga tetep kalo bisa jangan sering - sering ya gengs.. kertas kan dari kayu, kalo pohon habis gimana kita napas nya nanti? :(

Coba jujur mana yang paling berat di lakuin? pasti no 5 kan ya.. Tapi aku seneng banget sekarang banyak orang yang makin aware sama lingkungan, mudah - mudahan postingan ini bisa membantu kalian yang baru mulai menjalani hidup eco-friendly.. mulai dari diri sendiri aja dulu, kalo bisa sampe menular ke yang lain wah nilai positif banget tuh.. Buat kalian yang punya ide peduli lingkungan boleh banget dong share di kolom komen nya hihi
Thank you for reading, LUV!




Comments