SFX Makeup Starter Kit

Assalamualaikum gengs!
Udah lama juga nih gak ngobrolin makeup ya. Gara - gara kemaren iseng ikutan Halloween Challenge aku jadi kangen banget sama SFX Makeup. Nah kebetulan juga mungkin diantara kalian ada yang penasaran sama tool kit nya SFX Makeup aku jadi pengen bahas ini di blog aku sekarang.

Produk - produk yang bakal aku jelasin di bawah merupakan tools yang bisa di bilang cukup mendasar banget buat kamu yang mau belajar SFX Makeup. Untungnya sekarang mah gampang banget mau cari produknya karena udah banyak banget yang jual hehe. Tapi aku punya rekomendasi olshop yang jual segala macam perintilan SFX Makeup nih yaitu Harmonian Nation . Ini bukan sponsor sih gengs, tapi aku emang dari awal terjun mainan SFX Makeup tuh udah jajan di olshop ini hahaha. Nah buat yang penasaran sama produknya yuk keep on reading.


say hi dulu dong sama Valak!


1. LIQUID LATEX

Cairan yang merupakan lem ini adalah 1 elemen yang paling wajib kamu punya kalau mau bikin makeup SFX. Karena liquid latex ini serba bisa gengs! dari mulai hal - hal simpel seperti luka, borok, bahkan bikin karakter yang sulit dan mendetil seperti zombie, gigi taring bahkan tulang rahang Maleficent semua akan sangat mudah di lakukan jika pakai liquid latex.
Sifatnya yang saat mengering terlihat seperti kulit ini bisa memberi efek real pada makeup. Ya keliatan kaya beneran lah gitu intinya. Daya rekatnya cukup kuat ya, kalau kamu mau party semalaman jadi zombie dijamin nempel nerus kok asal gak kecabut aja hehehe.

Biasanya latex ini memiliki beberapa warna gengs, ada transparan dan ada warna kulit yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kalo aku jujur prefer yang transparan karena bisa di pakai di bagian kulit mana saja dan untuk menutup (covering) warna nya pun mudah. Untuk yang berwarna kulit sih emang lebih praktis ya, gak perlu ribet cari foundation lagi hehe.

Liquid Latex saat dioleskan

liquid latex sudah mulai mengering


Cara pakai : cukup oleskan pada bagian yang mau di buat makeup, sebelum di layer ada baiknya tunggu sampai benar - benar kering di tiap lapisan, karena liquid latex yang belum kering banget cenderung mudah lepas.
Oh iya liquid latex ini jauhkan dari area sekitar mata, diatas bibir dan rambut ya. Karena cukup berbahaya saking nempel banget nya gitu. Rambut yang kena latex bisa - bisa harus kamu potong karena bakalan nempel menyatu gitu deh :(

Cara membersihkan nya cukup di pletekin aja kaya masker peel off. Produknya aman kok, sejauh yang aku pakai selama ini gak pernah ada reaksi alergi apa - apa.




2. FAKE BLOOD

Untuk kamu yang takut liat darah hmm gimana ya kayanya kamu gak akan kuat liat fake blood karena emang beneran keliatan reallll banget.. Brand yang punya fake blood banyak kok, Snazaroo juga ada.. ada beberapa brand yang fake blood nya ninggalin stain yang cukup sulit di hilangkan. Nah fake blood ini juga ada bebrapa jenis lho..

  • Vein : Darah gelap yang cocok untuk luka dalam atau luka yang sudah lama, bisa untuk borok atau luka yang sudah membusuk.
  • Artery : darah segar yang cocok untuk luka baru atau darah yang mengalir.
  • Blood Gel : Warnanya gelap seperti Vein tapi teksturnya lebih kental dan cenderung diam tidak mengalir atau bergeser, lengket dan menempel. Cocok untuk dipakai saat acara.
  • Blood Scab : teksturnya sangat kental   

Nah aku kebetulan punya yang Artery, Vein dan Blood gel. seperti inilah perbedaan nya :
blood gel

Vein, Artery dan Blood Gel



liquid latex + fake blood artery 

Membersihkan fake blood gak ribet kok, pakai micellar water atau milk cleanser juga udah bersih seperti biasa gengs.

3. FACE PAINTING

Jujur sekarang banyak banget face painting bertebaran, gak kaya dulu aku harus sampe berlarian keasana kemari mencari face painting wkwkw face painting pertamaku dari La Tulipe, kalau gasalah dulu  harganya 140rb satu paket. Oh iya face painting juga ada beberapa jenis lho


la tulipe (oilbased)


  1. Waterbase : seperti cat air, kamu basahin kuasnya dulu baru deh colek - colek warnanya. Warnanya tergantuk merk ya, kalo Snazaroo dia warnanya pigmented. Brand lain cenderung lebih sheer tapi enaknya ya kalau udah kering bisa di tumpuk.
  2. Oil Base : tidak perlu pakai air bisa langsung kamu pakai, warnanya pigmented banget, mudah di blend tapi kelemahannya kalau tercolek atau terbentur bisa transfer dan tergeser hehehe
  3. Alcohol base : seperti yang waterbase sih tapi ini kamu harus semprotkan alkohol dulu baru deh warnanya keluar, pigmentasi warnanya lebih bagus menurutku, hasilnya pun mengering dan gak geser. 
Face painting di perlukan dalam membuat makeup character, meskipun sekarang eyeshadow warna warni sudah banyak di pasaran, menurutku pakai face painting lebih mudah dan warnanya lebih nyata. 
hasil face painting la tulipe

Untuk membuat luka - lukaan sekarang sudah ada face painting tricolor yang menurut aku jauh lebih worth it karena hasilnya emang keliatan nyata. Nah Harmonian Nation punya nih kaya gini. Jadi kalo kalian emang sukanya bikin luka - lukaan doang mending punya yang tricolor gini deh.


Untuk membersihkan face painting aku biasanya pakai milk cleanser gengs, memang harus beberapa kali sampai benar - benar bersih terutama untuk yang oil base. Tapi jangan sedih karena biasanya ada juga kok face painting remover yang sepaket dari brand nya.

Nah segini aja gengs menurutku 3 emelen penting dalam per SFX -an hehehe kalau kamu pengen lebih advanced lagi masih banyak banget SFX stuff yang bisa kamu gali. Semoga infonya bisa membantu kalian yang suka dengan SFX makeup ya.
LUV!






Comments

  1. Wah lengkap banget share nya ka. Keren juga kreasinya. Mantul deh

    ReplyDelete
  2. aku barubtau loh ternyata makeup srarterk ini, jadi pengen belajar sfx juga hehe

    ReplyDelete
  3. Aku butuh darah... Wkwkw. Uda lama banget aku pengen beli fake blood

    ReplyDelete
  4. Keren banget hasil make up nya, seram dan kayak beneran banget.

    ReplyDelete
  5. Wah baru tahu nih aku peralatan yang dipakai buat make up karakter. Itu yang darah ngeri juga lihatnya

    ReplyDelete
  6. Ini sharenya bermanfaat sekali uk aku yang baru coba2 sfx, slama ini masi pake eyeshadow aja. Dan gara2 ditulis fakebloodnya mirip darah asli kok aku jdi ragu mau beli ya ahahahha tar pingsan lg aku 😆

    ReplyDelete

Post a Comment