Tips Menjaga Mental Selama Pandemi

 Assalamualaikum gengs, apa kabarnya? Semoga semuanya selalu sehat jasmani dan rohani ya 🥺 btw pembahasanku kali ini mau agak berat gpp yah?

Sekalian collabs bareng sama my love Bandung Hijab Blogger soal cara menjaga kesehatan selama pandemi ini. Jangan lupa baca yang tulisan teman teman BHB ku ya supaya tetap Fit and Fabulous ✨



Buatku yang paling utama harus di jaga adalah ✨ mental ✨ kalo boleh jujur, sebelum pandemi aja mental aku tuh udah bermasalah, ditambah pandemi gini.. rasanya pikiran negative selau datang menghampiri deh..

Pikiran dan mental itu ngaruh banget ke kesehatan, aku udah ngalamin yang namanya overthinking sampe jadi GERD 🤌🏻 Belum lagi migrain yang selalu hadir di setiap bulannya bahkan pernah sampai seminggu 2x. Kalo kata dokter sih “makannya jangan stress” 🤪

Oke daripada bahas yang sedih - sedih, aku punya tips yang cukup ampuh buat nge distract pikiran aku ke arah yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi juga buat kalian yang mungkin lagi menghadapi hal yang sama kaya aku.

1. Ngerjain Hobi

Kalo kalian tau aku dari lama kalian pasti tau banget hobiku banyak dan selalu berhubungan dengan crafting, aku suka melukis, menjahit, dan sekarang aku lagi suka mainan clay art hehe.. 

Total clay yang udah aku bikin ada beberapa coaster, senderan cermin, dan cincin2 gagal yang udah gatau nyelip dimana, btw mainan clay gini lumayan menguji kesabaran dan ngabisin waktu lho. Lumayan deh bisa bikin pikiran tenang dan kontrol emosi supaya sabar.





Selain crafting aku juga berkebun, bahagia juga sekarang tanamanku yang emang beberapa udah ku koleksi dari sebelum pandemi ini jadi pada tumbuh besar dan subur karena lebih di perhatiin selama di rumah aja.

Kalo hobi kalian apa gengs? Selama hobi nya positif dan bermanfaat gak ada salahnya banget buat terus kerjain selama dirumah aja kaya gini ya gengs. 

2. Rehat dari sosmed

Aku tahu banyak banget readers ku yang “budak konten”. Jadi pernah ga kalian rehat dari sosmed? Jangankan seminggu lah, sehari aja 1x24 jam ngga buka IG,FB, Twitter dan yang lainnya berani gak? Haha

Tapi taugasih ternyata ga berat kok rehat dari sosmed tuh, malahan aku justru enjoy hari aku rehat itu dengan lebih banyak berinteraksi dengan anakku atau mengerjakan hobi ku. Hasil yang terasa nyata yaitu lumayan aku gak overthinking mikirin kehidupan orang lain 😂.

3. Olahraga rutin

Jujurly, olahraga paling bisa distract aku dari hal hal negative, karena olahraga tuh butuh konstentrasi tinggi dan aku memang punya goals sendiri juga kali yah.

Jadinya aku pun termotivasi untuk selalu berolahraga, minimal banget seminggu 3x. Ngga boleh kurang tapi boleh lebih. Itu yang aku push buat diri aku sendiri.

Saat berolahraga bikin kepala dan pikiran kaya ringan, beban beban seolah terlupakan. Apalagi ditambah keluarnya hormon endorfin yang memang dikenal sebagai hormon penghilang stress. Wah makannya abis olahraga rasanya bahagia jiwa raga deh.



Biasanya aku nonton Chloe Ting, Emily Wong atau siapa aja deh se nemunya di youtube, tapi aku kemaren coba WO bareng via zoom sama temen aku yang kebetulan Coach Strong Nation. Seru bangettt!!




4. Seek for help or support

Mostly orang yang punya gangguan mental takut untuk meminta tolong, ketakutan utamanya adalah karena takut di judge atau di cap aneh aneh. Dan sedihnya seringkali yang nge judge itu orang terdekat atau keluarga. 

Kadang ngerasa sayang banget dengan stigma di area keluarga ( keluarga akupun) dengan orang yang memiliki gangguan mental pasti di kait2kan dengan “kurang bersyukur, lemah, kurang ibadah” dll. Padahal banyak banget faktor lain dan usaha dari diri orang tersebut tapi mungkin belum cukup untuk menghadapi penyakit mentalnya sendiri.

Thats whyyy aku mah cobain konsul langsung ke Ibunda.id via whatsapp supaya aman, tentram dan ditangani oleh ahlinya langsung. 



Kalau kalian merasa ngga baik baik aja aku saranin konsul dulu dan jangan self diagnose karena itu bisa berbahaya buat diri sendiri ya gengs, kalian bisa konsul langsung sama psikolog biar tau nih kalian tuh kenapa.

Jangan malu! Jangan takut! Yakin bisa sembuh yahh

Nah begitulah cara aku menghadapi pandemi ini agar tetap Fit and Fab! Ngga cuma urusin fisik aja tapi urusin mental juga karena Mens Sana In Corpore Sano = di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Untuk kalian yang ngebaca tulisanku ini, be aware and take care of the people you care of. Terkadang yang tertawa paling keras, yang tersenyum paling banyak adalah justru orang yang sedang tidak baik baik saja.

Semoga semuanya sehat dan baik baik saja yaa 💓


Comments

  1. Our God is bigger than our problem, semangat semuanya! Thanks kak udh sharing tips nya💘

    ReplyDelete

Post a Comment